Lunak dan Lugas Dalam Informasi

Peran Departemen Program


tv-muntah    Pada artikel ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai peran dan tanggung jawab depertemen program pada stasiun televise. Bagian yang paling bertanggung jawab dalam mengelola program atau acara pada suatu stasiun penyiaran adalah bagian atau depertemen program. Bagian ini mempunyai tugas membawa audien kepada suatu stasiun penyiaran melalui berbagai programnya. Jika suatu program bisa menarik banyak audien dan jika program itu memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan pemasang ikaln untuk mempromosikan produknya, maka media penyiaran bersangkutan akan mendapatkan pemasang iklan dan mendapatkan pemasukan. Dengan demikian, pendapatan dan prospek suatu media penyiaran sangat ditentukan oleh bagian program.

Suatu media penyiaran yang mengandalkan lebih dari 50 persen programnya pada pasikan pihak lain harus memiliki departemen program sendiri yang terpisah dari bagain lainnya. Orang yang bertanggung jawab mengelola bagian program disebut programmer. Bagian program terdiri dari staf dan menajer program. Bagian ini bertanggung jawab untuk merencanakan program atau acara apa saja yang akan disajikan kepada khalayak selama satu periode tertentu.

Bagian program bertugas merencanakan, memilih, dan menyusun acara. Membuat rencana siaran berarti membuat konsep acara yang akan disuguhkan kepada audien. Menurut Pringle Starr McCavitt (1991) dalam bukunya Electronic Media Management, fungsi utama bagian program dapat dirumuskan sebagai berikut.

  1. The production or acquisition of content that will appeal to targeted audiences (memproduksi dan membeli atau akuisisi program yang dapat menarik audien yang dituju)
  2. The Scheduling of Programs to attract the desired audience (menyusun jadwal penayangan program atau skedulling program untuk menarik audien yang diinginkan).
  3. The productions of public service and promotional announcements and local commercials (memproduksi layanan public dan promosi serta produksi iklan local).
  4. The productions or acquisition of other programs to satisfy the public interest (produksi dan akuisisi program-program lainnya untuk memuaskan ketertarikan public).
  5. The generation of a profit for the station’s owner (menciptakan keuntungan bagi pemilik media penyiaran).

Bagian program yang bagus terdiri dari orang-orang yang telah belajar mengukur selera atau cita rasa public melalui penelitian untuk mengetahui kebiasaan orang menonton televise atau mendengarkan siaran radio. Seorang perencana acara yang baik akan selalu mempertimbangkan bagaimana agar acara itu digemari. Bagian pengelola program siaran harus mempertimbangkan empat hal ketika merencanakan program siaran yang terakhir dengan.

  1. Product, artinya materi program yang dipilih haruslah yang bagus dan diharapkan akan disukai audien yang dituju.
  2. Price, artinya biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli program sekaligus menentukan tariff iklan bagi pemasang iklan yang berminat memasang iklan pada program bersangkutan.
  3. Place, artinya kapan waktu siaran yang tepat bagi program itu. Pemilihan waktu siar yang tepat bagi suatu program akan sangat membantu keberhasilan program bersangkutan.
  4. Promotion, artinya bagaiman memperkenalkan dan kemudian menjual acara itu sehingga dapat mendatangkan iklan dan sponsor.

Sumber

Leave a comment